Perlengkapan Yang Harus Disiapkan Mahasiswa Baru

Pendidikan

Myemailstatus – Tahukah Anda persiapan seperti apa saya untuk kuliah? Dunia universitas akan sangat berbeda dengan dunia sekolah. Tanpa persiapan yang matang untuk masuk perguruan tinggi, semester pertama dan kedua di perguruan tinggi bisa membuat Anda merasa harus bergantian kontrol depan dan belakang.

Ini pasti tidak akan terjadi pada semua orang. Tapi mulai saat ini tidak ada salahnya bersiap untuk masuk perguruan tinggi, bukan? Ayo tuliskan, perlengkapan bacaan siswa baru apa yang perlu kita persiapkan.

1. Alat tulis

Alat tulis kampus tidak jauh dari alat tulis sekolah. Selain kebiasaan pribadi, kita hanya perlu menyesuaikan kebutuhan alat tulis kuliah dengan jurusan masing-masing.

Misal, jika kawan Academia Indonesia sudah terbiasa menggunakan buku catatan daripada kertas dan map selama sekolah, tidak apa-apa jika ingin terus menggunakan buku catatan biasa sebagai alat bantu pelajaran menulis. Namun jika Anda belajar seni lukis atau arsitektur, misalnya, Anda akan sering menggunakan buku bergambar daripada buku tulis.

Kebutuhan akan perlengkapan kantor mahasiswa di setiap jurusan juga berbeda-beda. Mahasiswa arsitektur membutuhkan pensil untuk menggambar yang tidak diperlukan oleh mahasiswa akuntansi, misalnya.

Jadi Anda tidak perlu menggunakan alat tulis konferensi tertentu, sobat. Tetapi biasanya alat tulis konferensi termasuk buku catatan, pensil, pena, spidol, stabilo, catatan tempel, dll. Sobat, perbaiki alat tulis yang telah disiapkan dengan kebutuhan pribadi kalian!

2. Laptop

Menjadi salah satu item persiapan kampus, laptop sama wajibnya dengan notebook dan pulpen, bukan? Dari belajar hingga mengerjakan PR, kita pasti membutuhkan laptop. Dapat dikatakan bahwa kekayaan intelektual kita bergantung padanya, baik di universitas asal selama pandemi maupun di waktu normal.

Jika Sobat Pintar akan menempuh pendidikan di jurusan seperti Teknik Informatika atau Sistem Komputer, tentunya laptop menjadi salah satu perlengkapan universitas yang wajib dimiliki oleh mahasiswa baru. Laptop yang dibutuhkan siswa sekolah tari pasti berbeda dengan laptop yang dibutuhkan siswa ilmu komputer. Jadi sesuaikan laptop dengan kebutuhan dan budget Anda, ya!

3. Buku teks

Apapun Anda menyebutnya: buku teks, buku teks, manual atau apapun; tentu, kami membutuhkan buku referensi perguruan tinggi. Persiapan perguruan tinggi dalam hal ini agak sulit untuk diprediksi. Selain itu, setiap guru dapat merekomendasikan buku teks yang berbeda.

Bagaimana kita harus menghadapinya? Smart Buddy dapat meminjam buku teks dari manula jika mereka dikenal. Jika belum, mari kita menabung dulu untuk persiapan kuliah. Nanti kalau tiba waktunya beli buku pelajaran, anggaran kita sudah siap. Apakah Smart Buddy mengetahui trik terbaru? Buruan ke perpustakaan kampus! Periksa buku sebelum siswa lain pergi.

4. Pakaian kampus

Apakah pakaian perguruan tinggi juga perlu dipersiapkan sebelum masuk universitas? Ya teman! Bahkan, para calon mahasiswa seringkali mengabaikan persiapan mata kuliah ini. Terlepas dari kenyataan bahwa setelah memasuki sekolah berseragam selama ini, pakaian bisa menjadi pakaian baru yang penting untuk konferensi siswa.

Pakaian persiapan kuliah bisa berupa kemeja, celana panjang atau rok kain, jaket (bukan almamater) dan lain-lain. Beberapa perguruan tinggi, seperti Kedokteran atau Keperawatan, mewajibkan mahasiswanya memakai rok pada semester pertama, tapi beda kampus, beda kondisinya, bung.

Saking beragamnya, bahkan ada kampus yang membolehkan mahasiswanya memakai kaos oblong, jeans, atau sepatu terbuka (sendal). Selain itu, biasanya setiap guru memiliki persyaratan pakaian yang berbeda untuk siswa. Jadi, jangan lupakan busana persiapan kuliahmu ya!

Sudah siap untuk kuliah versi kamu, sobat pintar? Berbagai perlengkapan dan perkakas masih bisa kita persiapkan selama kita belajar. Namun, ada hal lain yang perlu kita persiapkan sebagai calon mahasiswa baru, yaitu kondisi psikologis.

Transisi dari sekolah ke perguruan tinggi memang mengasyikkan, tetapi juga bisa membuat stres bagi sebagian orang. Teman pintar yang sedang bersiap untuk belajar di luar negeri mungkin memiliki perasaan campur aduk seperti ini. Tapi jangan menyerah dulu

author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.