Tips Cara Service Ac Sendiri

Umum

Myemailstatus – Namun tidak ada salahnya mengetahui cara membersihkan AC di rumah sendiri. Sebenarnya cara membersihkan AC sendiri tidaklah sulit, namun terkadang orang malas melakukannya dulu. Jika Anda bisa membersihkan AC sendiri, Anda akan menghemat banyak uang.

Yang perlu Anda ketahui adalah bagian paling kotor dari AC biasanya adalah filternya. Itu sebabnya kita harus memberi perhatian khusus pada bagian ini. Ingin tahu detail langkah-langkah membersihkan AC sendiri? Itu disini!

Buka filter AC

Anda harus tahu bahwa kebanyakan filter AC sempit, sehingga pembersihannya agak sulit. Namun pada beberapa merk lain filter AC sudah didesain lebih besar agar lebih mudah dibersihkan meski tanpa alat hanya dengan menggunakan tangan. Untuk membersihkannya, Anda bisa membuka filter dengan menariknya keluar secara perlahan. Langkah ini relatif mudah, jika Anda pernah melakukannya sekali, lain kali Anda akan terbiasa.

Bersihkan

Setelah membuka filter AC, sekarang Anda dapat membersihkan filter AC. Bagian ini biasanya sangat berdebu. Nah untuk membersihkan debu anda bisa menggunakan kuas. Sesuaikan ukuran kuas sesuai dengan kondisi filter Anda. Setelah membersihkan debu dengan kuas, Anda bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan sisa debu yang masih menempel. Jika ada debu yang sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan kain yang dibasahi sedikit air untuk membantu menghilangkan debu yang membandel.

Taruh kembali

Setelah filter selesai, sekarang saatnya mengembalikan komponen ke posisi semula. Tenang saja, tidak perlu terburu-buru agar komponen filter tidak putus dan menimbulkan kerusakan. Pastikan filter terpasang dengan pas di jok. Hingga langkah ini, proses pembersihan AC sendiri di rumah selesai.

Nah, begini proses membersihkan AC sendiri di rumah. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda. Biasakan membersihkan filter AC secara rutin agar tidak ada debu yang mengumpul di filter AC. Jika terlalu banyak debu yang menumpuk, akan lebih sulit untuk membersihkan AC. Selain memakan waktu lebih lama, akan sulit menghilangkan debu dengan cara biasa. Yuk, bersihkan filter AC Anda sekarang juga!

Karena AC-nya kurang dingin

Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, seperti RAW. itu bisa di dalam atau di luar ruangan. Kecuali jika Anda menggunakan pemasangan AC sentral di sebuah gedung, Anda mungkin tidak dapat melakukannya sendiri, Anda perlu mencari ahlinya dan Anda dapat menghubungi kami untuk layanan atau pemasangan baru.

1. Pastikan remote AC dalam pengaturan yang benar. Misal di set mode COOL, tapi pilih yang suhu 30 derajat tentunya AC tidak bisa dingin, atau anda salah tekan mode FAN, tentunya AC juga tidak bisa dingin. Hal yang baik adalah memilih mode COOL yang dikonfigurasi (simbol pada remote control seperti matahari) dan meletakkannya pada suhu di bawah 25 derajat (tergantung pada suhu luar ruangan dan kebutuhan Anda) semakin rendah suhunya. .
2. Setelah itu, nyalakan AC dan rasakan angin sepoi-sepoi. Jika AC kotor, hembusan lambat dan suara angin tidak bekerja dengan baik, biasanya ada suara seperti benturan
Anda dapat melihat tutorial di video tentang cara membersihkannya.
3. Setelah AC dinyalakan selama setengah jam, amati aliran air di balik dinding interior. jika air keluar dan lancar berarti gas freon di AC anda mungkin masih normal (yang pasti sebaiknya menggunakan alat pengukur tekanan)
4. Kontrol selanjutnya di pintu keluar, angin yang keluar harus panas, dan nafas juga kencang, semakin tinggi arus AC, semakin tinggi pula angin.
Jika pintu luar kotor, angin tidak akan bertiup kencang. Ini akan menyebabkan kompresor hidup dan mati karena kelebihan beban terlalu panas.
Usahakan untuk membersihkannya dengan menyemprotkan air pada kondensor (pipa grid melewati angin)
dan tidak disemprotkan ke badan selimut.
5. Setelah penyemprotan, Anda akan merasakan perbedaan angin sebelum penyemprotan. jika tidak ada perbedaan berarti kapasitor kipas rusak, biasanya nilai micro farrad berkurang sehingga putaran kipas angin (rpm) berkurang.
Anda bisa menggantinya dengan membuka cover dan benda tersebut berupa kotak hitam kecil bertuliskan 1.5mf.
6. Namun jika kotorannya tidak keluar sama sekali, mungkin karena:

  • Ada kebocoran freon di koneksi atau di unit itu sendiri
  • Kondensor kompresor aus, mencegah kompresor berjalan
  • Atau kompresor itu sendiri rusak, di lilitan atau di mekanik
  • Modul indoor tidak memberikan perintah agar pintu luar tidak menyala

Ini cara yang paling mudah untuk memperbaiki AC sendiri, namun mengetahui cara memperbaiki AC dual duct sendiri cukup tricky, jadi demi kenyamanan anda mohon serahkan kepada jasa Service AC Batam agar kami dapat mempermudah anda dan Anda akan bisa berlibur bersama keluarga tercinta.

Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.