Cara Menghilangkan Virus Di Laptop Tanpa Harus Kehilangan Data

Tekno

Cara Menghilangkan Virus Di Laptop – Virus pada komputer sering mengganggu dan juga dapat merugikan para pengguna komputer. Sebelum lanjut ke cara membersihkan virus di laptop, simak dulu beberapa penjelasan singkat tentang virus dan malware.

Virus atau Malware adalah program buatan yang dapat merusak sistem komputer dan memperlambat kinerja komputer yang lebih parahnya lagi virus atau malware ini dapat menginfeksi file – file yang ada di komputer atau laptop kamu sehingga mau tidak mau file itu harus dihapus dan masih banyak kerugian yang disebabkan oleh virus atau malware ini.
Penyebab komputer atau laptop kamu terkena virus, yaitu :

  • Menghubungkan Flashdisk yang sudah terinfeksi virus sehingga virus tersebut menyebar ke laptop kamu
  • Mengunduh dan menjalankan program sembarangan.
  • Tidak menginstall antivirus pada laptop kamu.

Tanda – Tanda Laptop Kamu Terserang Virus

Taukan kamu gimana sih tanda tanda laptop yang terserang virus? Berikut adalah tanda tanda laptop yang terserang virus sehingga kamu bisa langsung mengantisipasi jika mengalami tanda tanda ini pada laptop kamu.

1. Melambatnya Performa Laptop kamu

Virus dapat diam – diam menjalankan banyak program sehingga performa laptop kamu terasa lebih lambat

2. Penyimpanan Tiba – Tiba Penuh

Selain menjalankan program, Virus juga dapat menduplikat file – file kamu sehingga penyimpanan kamu menjadi penuh akibat file yang diduplikat oleh virus tersebut

3. Terinstallnya Aplikasi Secara Tiba – Tiba

Virus juga dapat mengunduh dan menginstal aplikasi tanpa sepengetahuan dan persetujuan kamu.

4. Aplikasi Yang Terinstall Tidak Bisa Digunakan

Aplikasi tiba – tiba tidak bisa digunakan itu karena ada file – file yang terinfeksi virus dan terhapus sehingga program tidak bisa dibuka.

Untuk menghapus virus dari laptop kamu, cobalah install antivirus pada laptop kamu sehingga memberikan proteksi terhadap virus – virus yang bisa menyerang laptop kamu.

Antivirus merupakan program yang digunakan untuk memberikan kemanan, mendeteksi dan menghapus virus – virus yang ada pada sistem komputer kamu. Program ini bisa mendeteksi apakah terdapat virus pada komputer kamu dengan cara pendeteksian menggunakan data virus signature, mencari keberadaan virus dengan mengambil sebagian kecil code dari virus – virus komputer.

Aplikasi Antivirus Komputer

1. Kaspersky Total Security

Tidak hanya mendeteksi virus, Kaspersky Total Security juga menawarkan fitur perlindungan perbankan. Sehingga belanja dan transaksi online menjadi lebih aman.

2. McAfee Total Protection

McAfee mempunyai sangat banyak fitur kemanan yang anda butuhkan seperti Malware Protection, penyimpanan yang terenkripsi, pengelolaan kata sandi dan VPN. Kemampuan mendeteksi virus yang dimiliki oleh antivirus McAfee ini sangat baik. Ditambah dengan fitur – fitur yang ditawarkan membuat McAfee Total Protection masuk kedalam daftar ini

3. Norton Security

Norton memiliki mesin pendeteksi yang sangan baik untuk menangani semua ancaman dari virus – virus yang menyerang yang dapat menjamin informasi anda akan tetap aman dan terproteksi.

4. AVG Ultimate

Antivirus AVG memberikan proteksi kemanan secara total untuk menangkal ransomware dengan peningkatan kemanan firewall hingga perlindungan kamera pada laptop kamu. AVG Ultimate mampu menambah kinerja laptop kamu dengan cara membersihkan file – file sampah dan sudah tidak berguna.

Cara Membersihkan Virus Menggunakan Antivirus

Pilihlah Antivirus yang telah direkomendasikan diatas kemudian install di laptop kamu. Setelah diinstall, lakukan proses scanning pada antivirus yang telah terinstall untuk membersihkan virus pada laptop kamu.

Dengan menggunakan antivirus, kamu bisa menghapus virus pada laptop kamu tanpa harus install ulang sehingga data data kamu tidak akan hilang.

Nah, itulah artikel Sudutnusantara.com mengenai virus malware dan tanda tandanya serta cara menghapus virus di laptop. Semoga Bermanfaat.

author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.