Perbedaan SEO dan SEM

Bisnis

Myemailstatus – SEO dan SEM adalah istilah yang tidak diketahui. Bagi kamu yang berkecimpung di dunia digital pasti pernah mendengar istilah-istilah ini, namun belum paham apa perbedaan keduanya.

Kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian, mereka tidak pernah digunakan secara bersamaan. Ketika seseorang menggunakan istilah SEO, mereka biasanya tidak selalu menyebut istilah SEM. Solusinya? Anda wajib membaca artikel kami kali ini.

Apa itu pengoptimalan mesin telusur (SEO)?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang berarti proses mengoptimalkan situs web dan semua aspeknya (konten, sistem, dll.) Sehingga mendapat peringkat yang baik di mesin pencari seperti Google.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung ke situs web Anda dan lebih banyak prospek potensial, SEO adalah salah satu cara utama. Bagaimana bisa saya? Jadi ketika seorang pengguna Google mencari rekomendasi hp dibawah 2 juta misalnya, mereka memasukkan kata kunci “hp kurang dari 2 juta” dan hasil yang muncul di halaman pertama akan dilihat / dibaca. . Jika beruntung, ia akan membaca artikel Anda dan juga mencoba membeli produk ponsel dari Anda (jika ini adalah situs web e-commerce untuk penjual ponsel).

SEO ini sebenarnya bagian dari kategori yang lebih besar, yaitu Search Engine Marketing (SEM).

Hukum dan aturan tidak tertulis SEO terus berubah seiring dengan perubahan algoritma mesin pencari dari waktu ke waktu. Namun, ada satu aspek SEO yang tetap konstan: SEO di halaman dan SEO di luar halaman. Ini adalah komponen penting dari SEO. Pelajari lebih lanjut tentang keduanya dari daftar di bawah ini!

SEO pada halaman meliputi:

  1. Secara alami memasukkan kata kunci target ke dalam judul posting blog Anda, tag judul, deskripsi meta, dll.
  2. Sortir format url halaman / halaman Anda.
  3. Optimasi kecepatan memuat halaman web Anda.
  4. Integrasikan berbagi media sosial ke dalam konten Anda.
  5. Dan banyak aktivitas pengoptimalan lainnya termasuk SEO pada halaman.

SEO off-halaman meliputi:

  1. Buat backlink berkualitas tinggi dan tempatkan secara alami.
  2. Siapkan SEO lokal.
  3. Selain itu, ada aktivitas SEO off-page utama lainnya.

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing, yang berarti suatu bentuk pemasaran internet melalui kegiatan promosi website dengan meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil mesin pencari seperti Google (SERP). SEM ini mencakup taktik SEO yang kami bahas di atas, serta beberapa teknik pemasaran terkait lainnya. Definisi ini dirangkum di Wikipedia.

Komponen apa saja yang termasuk dalam SEM?

Selain pengoptimalan mesin telusur, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen. Apa saja contohnya? Seperti daftar bayar per klik (PPC) dan iklan seperti Google Ads. Oleh karena itu, bentuknya terutama merupakan kegiatan kampanye (iklan) dan PPC. Jadi jika Anda melakukan SEO, itu juga merupakan upaya SEM.

Jadi apa perbedaan antara SEO dan SEM?

Kursus SEO meningkatkan jumlah pengunjung situs web dengan membuatnya muncul di peringkat yang lebih tinggi pada halaman hasil pencarian di mesin pencari. SEM memiliki jangkauan yang lebih besar, dianggap sebagai pemasaran internet yang meningkatkan visibilitas web melalui hasil mesin pencari organik serta melalui iklan. Oleh karena itu, SEM mencakup aktivitas SEO serta taktik / strategi pemasaran mesin pencari lainnya.

Inilah perbedaan utama antara kedua istilah tersebut, yaitu bahwa search engine optimization (SEO) hanya salah satu komponen dari search engine marketing (SEM). Seperti yang juga kami sebutkan sebelumnya, SEM menyertakan komponen pencarian berbayar seperti PPC dan bahkan termasuk SMM (Pemasaran Media Sosial).

Kesimpulan

Dengan membaca artikel ini, Anda akan mendapatkan beberapa informasi dasar tentang SEM dan SEO serta perbedaannya. Semoga beruntung, semoga berhasil!

Rate this article!
Perbedaan SEO dan SEM,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.