20 Contoh Soal Teks Negosiasi Beserta Jawabannya

Pendidikan

Myemailstatus – Teks negosiasi adalah teks yang berisi percakapan antara pihak-pihak dengan kepentingan berbeda untuk mencapai suatu kesepakatan bersama. Biasanya teks negosiasi berupa dialog. Tapi, tidak jarang juga banyak ditemukan teks negosiasi berbentuk narasi. Supaya bisa mengerjakan soal latihan atau ujian teks negosiasi dari guru, sebaiknya kamu berlatih dengan cara melihat contoh soal teks negosiasi beserta jawabannya.

Sebelum memulai mengerjakan latihan soal atau melihat contoh soalnya, kamu harus sudah mempelajari materi teks negosiasinya terlebih dahulu. Untuk mempelajarinya, kunjungi situs Pendidikanpedia yang telah menyediakan materi teks negosiasi lengkap.

Contoh Soal Teks Negosiasi Beserta Jawabannya

Berikut disajikan 20 butir soal teks negosiasi bahasa Indonesia beserta kunci jawabannya. Kamu bisa menjadikannya sebagai bahan latihan atau referensi untuk menghadapi ujian. Selamat mengerjakan!

1. Bagian dari teks negosiasi yang berisi permintaan pembeli atas suatu produk, barang atau jasa disebut dengan …

a. Pemenuhan
b. Pembelian
c. Persetujuan
d. Permintaan
e. Penawaran

2. Tujuan negosiasi dilakukan adalah untuk mencapai …

a. Keuntungan pribadi atau pihak tertentu saja
b. Kepentingan orang lain
c. Kesepakatan bersama
d. Memberikan informasi
e. Menjalin silaturahmi

3. Cermatilah penggalan kalimat berikut ini!

“Saran saya, kakak ambil kemeja yang ini 2 pcs supaya bisa mendapatkan diskon sebesar 50%. Kapan lagi kak dapet diskon 50% buat 2 kemeja? Di tempat lain malah harganya jauh lebih mahal, lho.”

Penggalan kalimat di atas merupakan contoh kalimat …

a.Interogativ
b.Imparativ
c.Deklaratif
d.Informativ
e.Persuasif

4. Apabila ternyata keputusan sebuah negosiasi tidak sesuai dengan harapan pihak Anda, maka sikap yang tidak selayaknya dilakukan adalah …

a. Mengusahakan jalan pintas dengan cara yang licik
b. Menerima dengan lapang dada dan sikap positif
c. Introspeksi diri
d. Memperjuangkannya kembali di kesempatan yang lain

5. Berikut merupakan tindakan yang tidak perlu dilakukan ketika melakukan negosiasi, yaitu …

a. Mengevaluasi kekuatan dan masing-masing kemampuan
b. Membandingkan beberapa pilihan lain
c. Menyesuaikan arah pembicaraan
d. Mengajak untuk membuat kesepakatan bersama
e. Menyatakan dan menjelaskan pendapat

6. Struktur teks negosiasi yang benar adalah …

a. Pernyataan pendapat, persetujuan, penawaran
b. Orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup
c. Orientasi, deretan penjelas, persetujuan, penutup
d. Isi, koda, pernyataan pendapat, penutup
e. Penawaran, pengajuan, persetujuan, isi

7. Proses dalam bernegosiasi yang biasanya berisi tanya jawab untuk mendapatkan solusi yang tepat dan saling menguntungkan disebut …

a. Orientasi
b. Penutup
c. Penawaran
d. Persetujuan
e. Pembelian

8. Berikut di bawah ini yang merupakan contoh kegiatan negosiasi adalah …

a. Ceramah
b. Seminar
c. Pidato
d. Debat
e. Jual-beli

9. Tujuan bernegosiasi adalah untuk mencapai suatu kesepakatan antara pihak-pihak yang berkepentingan beda. Maksudnya …

a. Semua pihak harus saling diuntungkan sehingga menciptakan win-win solution
b. Mendapatkan pelajaran dari pihak lainnya
c. Meraih penghargaan
d. Membela kepentingan orang lain
e. Mendapatkan keuntungan untuk pihak sendiri saja

10. Ketika melakukan negosiasi, sikap yang sebaiknya jangan ditunjukkan adalah …

a. Jujur
b. Memaksa
c. Sopan
d. Ramah
e. Santun

11. Perhatikan dialog negosiasi berikut ini!

Pembeli: “Gak bisa kurang lagi harganya, bu?”
Penjual: “Udah harga pas banget ini, mbak. Saya gak ngambil untung banyak, lho.”
Pembeli: “Yah.. sayang sekali. Kalau begitu saya cari di tempat lain saja, deh. Padahal mau beli banyak.”
Penjual: “Ehh jangan jangan. Ya sudah kalau mbak beli grosiran saya kasih potongan lagi.”

Dialog di atas merupakan bagian negosiasi pada tahap …

a. Permintaan
b. Penawaran
c. Pemenuhan
d. Pembelian
e. Persetujuan

12. Struktur teks negosiasi yang pertama berisi salam perkenalan atau pembuka dari kedua belah pihak. Kemudian biasanya dilanjutkan oleh salah satu pihak untuk membuat permintaan terhadpa pihak yang lain. Struktur teks negosiasi ini disebut …

a. Persetujuan
b. Penawaran
c. Penutup
d. Pembelian
e. Orientasi

13. Mana kah yang merupakan struktur persetujuan teks negosiasi …

a. Pembeli: “Uang saya tidak cukup, pak. Rp50 ribu saja ya?
Penjual: “Yah gak bisa begitu, dek. Ini sudah mepet banget harganya. Tambahin Rp20 ribu lagi aja ya.”

b. Pembeli: “Selamat siang, pak. Saya lagi mau cari casing HP model terbaru.”
Penjual: “Iya selamat siang. Untuk tipe HP apa ya, dek?”

c. Penjual: “Harga pasnya Rp70 ribu, dek. Gimana?”
Pembeli: “Ya sudah, pak. Saya beli 1 ya.”
Penjual: “Baik, saya bungkus dulu dan tulis notanya.”

d. Pembeli: “Ini uangnya ya, pak. Terima kasih banyak.”
Penjual: “Iya sama-sama. Mampir lagi yaa.”

e. Penjual: “Buat tipe HP ini harganya Rp100 ribu, dek.”
Pembeli: “Wah gak bisa kurang. Saya kira Rp50 ribu.”
Penjual: “Belum dapet, dek. Soalnya ini tipe hard case jadi lebih kuat dan tahan lama.”

14. Untuk meyakinkan pihak lain ketika bernegosiasi, maka tindakan yang sebaiknya dilakukan adalah …

a. Mengancam dengan emosi menggebu-gebu.
b. Menghina pihak lain tersebut.
c. Bersikap tidak perduli dengan pendapat pihak lain.
d. Mengemukakan pendapat dengan bijak dan menggunakan kalimat persuasif.
e. Menggunakan kekerasan.

15. Negosiasi dilakukan karena, kecuali …

a. Tidak punya uang
b. Pihak-pihak yang terlibat memiliki kepentingan berbeda
c. Adanya pertentangan
d. Terdapat perbedaan pendapat
e. Ingin mencapai kesepakatan bersama

16. Negosiasi biasa dilakukan dengan cara …

a. Melalui WA
b. Dialog langsung
c. Via e-mail
d. Melalui perantara
e. Melalui telepon

17. Sebuah istilah yang digunakan ketika kedua belah pihak sama-sama diuntungkan dalam negosiasi adalah …

a. Win-Win Solution
b. Lose-Lose Solution
c. Win-Lose Solution
d. Lose-Win Solution
e. Win All Solution

18. Berikut di bawah ini merupakan struktur teks negosiasi, kecuali …

a. Permintaan
b. Pemenuhan
c. Perintah
d. Penawaran
e. Penutup

19. Perhatikan struktur teks negosiasi di bawah ini!

1) Pembelian
2) Penawaran
3) Orientasi
4) Penutup
5) Permintaan
6) Pemenuhan
7) Persetujuan

Urutan struktur yang benar adalah …

a. 3-5-6-2-7-1-4
b. 3-6-5-2-7-1-4
c. 3-6-2-5-7-1-4
d. 3-5-7-6-2-1-4
e. 3-5-6-7-2-1-4

20. Negosiasi bisa dilakukan di lingkungan-lingkungan …

a. Sekolah
b. Pasar
c. Keluarga
d. Semua benar
e. Tempat umum

Kunci jawaban:

  1. d
  2. c
  3. e
  4. a
  5. b
  6. b
  7. c
  8. e
  9. a
  10. b
  11. b
  12. e
  13. c
  14. d
  15. a
  16. b
  17. a
  18. c
  19. a
  20. d

Nah itulah 20 contoh soal teks negosiasi beserta jawabannya. Banyak-banyaklah mengerjakan latihan soal dan melihat contoh soal supaya kamu benar-benar paham akan materi teks negosiasi ini. Semoga bermanfaat.

author

Author: 

Comments are closed.