Cara Melakukan Budidaya Ikan Lele Secara Bertahap

Hewan

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang biasanya sering ditemui. Bahkan ikan lele juga bisa dimakan tetapi sebelum ikan lele dijual pastinya ada yang namanya pembudidayaan. Di pembudidayaan inilah maka kamu akan melihat seperti apa proses ikan lele. Mulai dari yang baru lahir sampai dengan yang sudah besar hingga bisa dikatakan baik untuk dijual. Nah, apalagi bagi kamu yang ingin membudidayakan ikan lele maka ada beberapa hal yang harus kamu coba.

Lagi pula kalau kamh ingin membudidaya ikan lele maka ada banyak hal yang harus kamu perlukan. Karena kalau kamu sudah mempersiapkan hal ini maka budidaya yang kamu lakukan akan berjalan dengan mudah. Apalagi ikan lele ini termasuk ke dalam ikan yang memiliki harga yang murah sehingga kamu tidak akan rugi kalau melakukan budidaya ikan lele. Walaupun begitu lele ini memang memiliki kandungan yang tinggi sehingga bisa memiliki pengaruh positif pada tubuh kamu. Bagaimana? Lihat cara budidayanya!

Harus Punya Media untuk Budidaya

Cara melakukan budidaya ikan lele ala Eightsun.id yang pertama adalah harus punya media untuk budidaya. Kalau ingin melakukan budidaya maka media merupakan salah satu hal yang penting karena kalau tidak ada media maka budidaya tidak akan bisa dilakukan. Nah, kamu bisa menggunakan terpal untuk media budidaya ikan lele. Sebelum memasukkan ikan lele ke terpal maka kamu harus membersihkan terpal terlebih dahulu. Dan jangan lupa untuk membilas air sampai bersih dan bisa gunakan sabun dan keringkan airnya.

Kemudian kalau terpal sudah disiapkan maka selanjutnya kamu bisa bentuklah terpal dengan bentuk kolam. Pastikan terpal tidak jatuh karena kalau jatuh bisa menjadi gagal nantinya. Nah, kamu bisa menggunakan benda di sekitar kamu agar mampu menegakkan terpal tersebut. Dalam mengisinya juga harus sesuai ya berkisar antara 20 sampai 30 cm saja. Kemudian diamkan air selama seminggu lebih karena agar bisa membentuk lumut serta fitoplankton.

Persiapkan Bibitnya

Cara melakukan budidaya ikan lele yang kedua adalah persiapkan bibitnya. Bibit merupakan salah satu hal yang wajib kamu miliki. Karena kamu harus memiliki bibit ikan lele yang sehat dan biasanya memiliki bentuk bibit yang lebih besar. Kalau mau tahu cirinya biasanya bibit ikan lele yang sehat akan memiliki badan yang gesit. Sehingga berbeda kalau kamu memilih bibit yang tidak sehat bisa bisa geraknya saja akan lambat. Tentu berbanding terbalik dengan bibit yang sehat.

Dalam hal ini kamu harus mampu membedakan maka bibit ikan lele yang memiliki ukuran yang besar dan mana yang memiliki ukuran kecil. Sehingga memang tidak bisa disatukan satu sama lain melainkan harus dipisahkan dengan bentuk yang sama. Lagi pula kalau kamu mau tahu cara menebar ikan lele. Maka kamu harus menebar satu per satu karena kalau sekaligus semuanya maka bisa berpengaruh pada ikan lele. Bukannya bisa sehat dengan adanya penyebaran ini maka bisa menyebabkan kematian.

Baca juga: Jenis ikan terbaik untuk dicicipi

Pemeliharaan Pada Ikannya

Cara melakukan budidaya ikan lele yang ketiga ini adalah pemeliharaan pada ikannya. Dalam memelihara ikan lele pada umumnya kamu bisa melakukan penyortiran. Pastikan ikan lele berumur kurang dari 20 hari, kemudian pastikan air kolam berwarna hijau. Nah, kalau sudah layak panen biasanya ikan lele menandakan kolam berwarna merah. Syarat untuk panen maka ikan lele harus berusia kurang dari 90 hari saja.

Cara melakukan budidaya ikan lele ini sebenarnya mudah sekali. Siapapun yang ingin mencoba maka dipersilakan saja.

author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.