6 Tips Memilih Furniture Yang Benar

Tutorial

Myemailstatus – Furniture identik dengan istilah mebel. Pasti Anda cukup familiar dengan kedua istilah tersebut bukan? Secara etimologi kedua kata tersebut memiliki akar kata yang berbeda. Mebel berasal dari bahasa Inggris yakni movable yang bermakna dapat digerakkan. Pada awalnya istilah ini dipakai karena peralatan atau perabotan rumah pada zaman dahulu kala mudah untuk digerakkan atau dipindahkan.

Sementara itu furniture berasal dari kata fourniture yang diserap dari bahasa Prancis. Fourniture berakar kata fournir yang memiliki arti perabot rumah atau ruangan. Keduanya memang memiliki akar kata yang berbeda namun pada prakteknya di Indonesia kedua istilah tersebut merujuk pada benda-benda yang sama seperti meja, kursi, lemari, dan sebagainya.

Di sini akan diulas mengenai tips memilih furniture yang baik untuk mengisi rumah Anda. Nah, dari pengertian yang diketahui di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa furniture atau mebel adalah segala benda atau barang yang ada di rumah yang dimanfaatkan penghuninya untuk duduk, berbaring, menyimpan pakaian, menyimpan souvenir, dan sebagainya. Demikian tipsnya:

Perhatikan Skala Ruangan

Dalam memilih furniture mebel jepara ukuran merupakan hal yang sangat penting. Jadi ketahui dahulu skala ruangan yang hendak diisi furniture kesukaan Anda. Anda perlu mengetahui dengan pasti berapa panjang dan luas ruangan Anda agar furniture yang Anda beli dapat layak dan cocok untuk ditempatkan di tempat yang Anda rencanakan.

Tips memilih furniture ini dapat menjadi acuan dasar bagi Anda sebelum menentukan akan membeli furniture yang seperti apa. Terutama di sini yang kita bicarakan adalah mengenai ukuran. Jangan sampai furniture yang sudah dibeli ternyata salah ukuran, baik terlalu kecil maupun terlalu besar. Jika furniture terlalu besar secara otomatis akan tidak muat, sementara jika terlalu kecil akan mengganggu nilai estetika ruangan itu sendiri.

Kesesuaian Konsep Ruangan

Dalam perkembangan dunia properti, membicarakan rumah sudah bukan hanya bicara soal tempat berteduh namun juga soal jati diri atau manifestasi diri dari penghuninya. Maka dari itu orang-orang cenderung suka mengonsep rumahnya sesuai selera mereka. Konsep rumah akan berhubungan dengan konsep perabotan yang ada didalamnya.

Anggaran

Tips memilih furniture selanjutnya adalah mempertimbangkan anggaran biaya yang akan dikeluarkan. Pilih furniture dengan biaya yang masih dapat dijangkau. Jika menemukan furniture yang sesuai dengan konsep dan selera Anda maka Anda dapat mengambil kredit untuk dapat tetap memiliki barang atau benda tersebut.

Material Furniture

Bahan atau material furniture juga akan memberikan kesan tersendiri. Tak hanya memberikan kesan saja melainkan juga memberikan kemudahan dan keawetan pada furniture yang dimiliki. Beberapa material furniture diantaranya adalah besi, aluminium, dan kayu. Meski sekarang perkembangan bahan baku sudah sangat beragam sehingga jumlah materialnya kini kian banyak.

Warna

Warna akan memberikan kesan tersendiri dan ketersambungan konsep. Warna ceria dan warna kalem akan memberikan rasa tersendiri bagi pemilik maupun bagi tamu yang menikmati keindahan warna furniture Anda.

Memakai Jasa Desainer Interior

Jika dirasa kesulitan maka Anda dapat menghubungi desainer interior terdekat di kota Anda untuk membantu Anda dalam membangun isi rumah impian Anda. Rumah yang elegan dengan kesesuaian furniture yang dipilih akan kian mudah terwujud. Tentu Anda perlu mempersiapkan budget lebih tatkala mengambil keputusan ini.

Nah, demikian tips memilih furniture versi kami yang mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda. Pilih furniture dengan bahan terbaik. Terkesan mahal namun akan bernilai secara estetika serta tahan lama.

Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.