Petunjuk Cara Budidaya Kucing Anggora Yang Benar

Hewan

Cara budidaya kucing anggora yang benar – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari di Indonesia. Berbagai jenis kucing mulai dari persia, anggora, hingga yang akhir-akhir ini sedang tren sphynx. Peminat peliharaan kucing tak pernah sepi, apalagi untuk jenis anggora.

Anggora adalah kucing yang bentuk wajahnya menyerupai kucing lokal dengan bulu yang tebal terutama pasa bagian buntut. Memelihara kucing jenis anggora ini selain menjadi media penyalur hobi juga bisa menjadi peluang bisnis jika Anda mengetahui dengan tepat cara membudidayakannya agar menghasilkan keturunan yang berkualitas.

Cara Budidaya Kucing Anggora

Beternak kucing anggora sebenarnya mudah, asalkan Anda mengetahui poin-poin penting dalam proses budidayanya. Kucing hasil ternak yang berkualitas pun dapat Anda dapatkan dengan harga yang tinggi bisa dilihat di link berikut https://suduthewan.com/harga-kucing-anggora/. Tertarik untuk budidaya kucing anggora? Berikut petunjuknya agar dapat hasil menguntungkan.

1. Memilih Indukan

Untuk menghasilkan kucing yang berkualitas, maka indukan anggora pun harus yang berkualitas juga. Adapun ciri indukan berkualitas dapat kita lihat dari ciri-ciri seperti sehat, lincah, tidak cacat fisiknya, matanya cerah dan sorotannya tajam.

Bagi Anda yang masih pemula dalam budidaya kucing jenis ini, pilihlah indukan bibit yang berkualitas rumahan saja, karena jika menggunakan bibit kontes selain mahal juga membuat efisiensi modal budidaya tidak maksimal.

2. Mempersiapkan Kandang

Petunjuk penting lain dalam ternak kucing adalah mempersiapkan kandang. Untuk kandang budidaya kucing anggora sendiri sebenarnya tak perlu menggunakan tempat khusus, cukup gunakan ruang yang tak terpakai di sekitar rumah Anda.

Hal yang penting dan perlu diperhatikan disini adalah pastikan ruangan yang digunakan cukup untuk tempat berkembang biak kucing. Jangan lupa juga sediakan kain-kain perca serta kotak untuk menjadi tempat tidur para kucing.

Kemudian, karena kucing anggora termasuk kucing yang lincah maka Anda juga perlu menyediakan ruang untuk bermain dalam ruangan, agar kucing dapat berolahraga dan tetap sehat.

3. Perawatan Kucing

Makanan menjadi hal yang penting diperhatikan dalam perawatan kucing anggora. Makanan yang Anda berikan pada kucing ternak ini haruslah memiliki nutrisi yang cukup dan seimbang. Anda dapat memberikan makanan kucing dengan variasi, kadang kering, setengah basah, atau basah agar kucing tak mudah bosan.

Perhatikan juga anjuran porsi pemberian makan yang tertera pada kemasan makanan. Hal ini mencegah agar kucing tak mengalami obesitas atau malah kurus karena kekurangan gizi. Jenis makanan kucing anggora telah dibahas di Sudut Hewan.

Selain makanan, kebersihan kucing dan juga kandang perlu diperhatikan dalam budidaya kucing anggora. Kandang atau ruangan kucing haruslah dibersihkan setiap hari. Bila perlu semprotkan juga desinfektan agar kucing terhindar dari virus dan penyakit. Pastikan juga kandang atau ruangan kucing ini memiliki sirkulasi udara yang baik agar tidak berbau.

Lalu, agar kondisi kesehatan kucing tetap terjaga kita juga harus memandikan kucing dengan shampo khusus. Bulu-buku kucing pun harus rajin disisir, kukunya dipotong, serta dibersihkan telinganya. Vaksin juga wajib diberikan sesuai dengan kebutuhan, umur, serta dosisnya agar imunitas kucing bagus.

4. Mengawinkan Kucing

Jika kucing sudah menginjak usia dewasa, masa harus segera dikawinkan. Adapun ciri kucing yang sedang dalam masa kawin yaitu sering mengeluarkan suara-suara bising terus menerus serta sering berguling-guling di lantai.

Masa produktif kucing anggora jantan yaitu dimulai dari 1,5 tahun sedangkan untuk betina 1 tahun. Perlu fiingat bahwa sebelum mengawinkan indukan kucing, jangan lupa untuk mengecek kesehatannya ke dokter ya.

5. Merawat Anak Kucing Anggora

Anak kucing butuh perawatan yang ekstra agar tumbuh dengan baik. Anak kucing yang baru lahir hanya dapat diberi asupan susu dari induknya. Lalu pada usia 3-5 minggu, anak kucing sudah bisa makan sendiri dan dimandikan agar bersih dari kutu.

Kemudian, setelah menginjak usia 8 minggu, anak kucing sudah bisa disapih dan induknya dikawinkan lagi. Berikan anak kucing makanan dan vitamin yang tepat agar pertumbuhannya cepat, sehingga dapat dijual lagi atau dipelihara kembali.

Itulah petunjuk mengenai cara budidaya kucing anggora dengan cara yang tepat, ayo mulai ternak Anda, selamat mencoba!

author

Author: 

Related Posts

Comments are closed.